5 Jenis Pelayanan Pajak dan Manfaatnya

Setiap tahunnya seorang warga negara wajib membayarkan pajak. Ketika Anda bingung dengan cara hitungnya, solusi tepat yang bisa diambil adalah menggunakan tax consultant in Indonesia.

Melalui jasa konsultan, Anda akan mendapatkan banyak ilmu baru seputar perpajakan yang sangat membantu untuk urusan bayar pajak di kemudian hari. Apa saja manfaatnya? Simak berikut ini.

Apa Itu Konsultan Pajak?

Konsultan perpajakan merupakan seseorang yang menawarkan jasa konsultasi mengenai perpajakan terhadap klien/Wajib Pajak untuk melaksanakan hak dan kewajiban membayar pajak sesuai aturan yang telah ada.

Klien sendiri dapat berkonsultasi tentang urusan pajak pribadi atau badan usahanya. Seorang konsultan pajak diwajibkan menguasai ilmu mengenai perpajakan sehingga mampu menjawab semua permasalahan klien.

Jenis-jenis Pelayanan

Pelayanan dari konsultan pajak terbagi ke dalam tujuh jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan Wajib Pajaknya seperti berikut.

  • Patuh Pajak

Mengurusi kepentingan dalam hal pembayaran, menghitung dan pelaporan pajak. Layanan tersebut pun meliputi pembuatan perhitungan pajak yang harus dibayarkan beserta koreksinya.

  • Perencanaan

Bertujuan dalam rangka pengoptimalan keuntungan klien, konsultan membantu dalam persiapan serta pengurusan data pajak yang akan dilaporkan sesuai dengan ketetapan.

  • Pemeriksaan Laporan

Berikutnya layanan ini berguna dalam evaluasi data yang berkaitan munculnya beban perpajakan yang merugikan perusahaan sang Wajib Pajak.

Seorang konsultan akan melakukan penekanan biaya pajak, tanpa melanggar aturan dan ketentuan undang-undang perpajakan.

  • Pendampingan Pemeriksaan

Selain mengurus pembayaran, perencanaan dan pemeriksaan, seorang konsultan punya tugas utama lainnya yakni mendampingi Wajib Pajak saat pemeriksaan.

Hal ini dikarenakan kebanyakan klien yang masih kurang paham dengan masalah perpajakan. Konsultan juga akan menyiapkan dokumen penting yang diperlukan.

  • Konsultasi

Konsultan perpajakan akan memberikan layanan konsultasi di mana klien dapat memeroleh banyak informasi mengenai dunia pajak seperti aturan yang terkini dan menjawab permasalahan pajak.

  • Restitusi Pajak

Seorang Wajib Pajak butuh konsultan dalam memantu pengembalian kelebihan bayar pajak (restitusi). Dalam kasus ini konsultan berperan dalam menyiapkan data, menyampaikan restitusi, memeriksa sampai menerima pembayaran kelebihan pajak.

  • Menyelesaikan Sengketa Pajak

Terakhir ada pelayanan untuk menyelesaikan sengketa pajak seperti mengajukan banding, keberatan pajak, dan sebagainya.

Konsultan akan mendampingi klien jika satu waktu terjadi pemeriksaan pada sang klien.

Manfaat Pakai Jasa Konsultan Pajak

Apa saja manfaat menggunakan tax consultant in Indonesia?

  1. Meminimalkan kesalahan dalam mengurus perpajakan.
  2. Bisa lebih fokus dengan pekerjaan.
  3. Dapat mengurangi beban pajak perusahaan.
  4. Efisiensi waktu para pengusaha dalam proses pengelolaan pajak.
  5. Klien akan memeroleh banyak informasi.
  6. Konsultan membantu dalam menyelesaikan permasalahan seputar pajak.
  7. Perusahaan memiliki perencanaan pajak lebih baik.
  8. Biaya administratif lebih hemat sebab seluruh proses dari awal hingga akhir sudah tertangani oleh konsultannya.

Itulah pengertian, jenis serta manfaat dari tax consultant in Indonesia. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.