• Let Us Solve
  • Your Tax & Business Rights

Tiru Malaysia, Dirjen Pajak Diusulkan Langsung di Bawah Presiden

Tiru Malaysia, Dirjen Pajak Diusulkan Langsung di Bawah Presiden

Liputan6.com, Jakarta – Direktorat Jendral Pajak (DJP) diusulkan untuk lepas dari Kementerian Keuangan. Mengingat pentingnya pengelolaan pajak menjadikan otoritas pajak diusulkan langsung di bawah presiden.

Managing Partner Danny Darussalam Tax Center (DDTC), Darussalam, menjelaskan pentingnya pajak dilihat dari besarnya sumbangsih terhadap APBN yang mencapai 72 persen.

Dia menilai, kurang maksimalnya penerimaan pajak dan kurang lincahnya DJP salah satunya masih terbatasnya langkah Dirjen Pajak dalam bergerak di bawah Kementerian Keuangan.

“Bagaiamana mungkin lembaga otoritas pajak Indonesia yang mengelola 72 persen penerimaam APBN kita ditempatkan soal diskresi, kewenangan berada tidak selevel Kementerian, jadi langsung di bawah Presiden,” kata Darussalam dalam diskusi di kawasan Pasar Minggu, Kamis (4/4/2019).


Dia mencontohkan, di luar negeri saat ini penempatan otoritas pajak langsung di bawah Presiden sudah dilakukan oleh Singapura, Malaysia dan Hong Hong. Hasilnya, dinilai dia lebih maksimal.

Untuk di Indonesia, Darussalam mengusulkan struktur organisasi perpajakan ini layaknya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipimpin oleh para komisioner. Nantinya komisioner ini berasal dari para stakeholder perpajakan.

“Bisa saja nanti salah satu pengusaha itu jadi Komisioner, atau dari akademisi juga bisa masuk, jadi bisa merangkul semuanya. Hasilnya penerimaan lebih maksimal,” tambahnya.

Tidak hanya dalam hal organisasi, diskresi lain yang harusnya dilakukan DJP adalah dalam hal sumber daya manusia.

“Saya bayangin ke depan otoritas pajak kita diisi orang-orang profesional. Kalau memang ada orang profesional di luar dengan diskresi SDM di luar itu bisa ditarik masuk memperkuat otoritas pajak. Sekarang itu tidak bisa profesional di luar kita rekrut, karena rekrutmen harus dari bawah, jadi tidak fleksibel,” pungkasnya.

sumber : liputan6.com

tommyho123

Leave a Reply